Rabu, 28 Oktober 2015

Proposal Usaha Kerajinan Limbah

BAB I
ASPEK UMUM


1.1 Latar Belakang

Pada zaman yang serba modern ini,banyak orang yang menghabiskan uang hanya untuk membeli produk-produk atau aksesoris sebagai pelengkap kebutuhan sekunder manusia.

Sebenarnya sangat banyak benda atau bahkan limbah di sekitar kita yang dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai kerajinan atau produk yang kreatif,inovatif dan memiliki nilai jual ekonomis. Salah satunya adalah pemanfaatan limbah nabati untuk pembuatan produk tempat pensil. Limbah nabati yang digunakan berupa kulit jagung . Kemudian produk ini juga menggunakan limbah dari minuman botol sebagai bahan dasarnya.

Pemanfaatan limbah sebagai bahan utama produk ini sebagai bentuk dukungan terhadap program daur ulang yang banyak digencarkan oleh pemerintah maupun organisasi-organisasi masyarakat. Selain itu memanfaatan limbah dapat menambah dan mengembangkan kreativitas wirausaha dan mengurangi dampak pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah tersebut. Sehingga pemanfaatan limbah sebagai bahan dasar pembuatan produk ini memiliki banyak manfaat untuk pendiri maupun untuk lingkungan sekitarnya.

1.2 Tujuan

·                     Menciptakan usaha yang kreatif,inovatif dan ramah lingkungan
·                     Mengembangkan potensi kerajinan dari limbah di daerah sekitar
·                     Menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar
·                     Mengurangi dampak pencemaran lingkungan.









BAB II
ASPEK PEMASARAN


2.1 Deskripsi Pasar

·                     Konsumen
Konsumen produk tempat pensil dari limbah kulit jagung ini adalah para pelajar dari berbagai tingkat dan kalangan. Karena produk ini sendiri umumnya dipakai para pelajar untuk tempat menaruh berbagai
alat tulis.

·                     Target Pemasaran
Target pemasarannya meliputi daerah sekitar tempat tinggal,sekolah
dan tempat-tempat ramai yang biasanya menjadi sasaran para pelajar
seperti pasar malam,bazar dan event-event tertentu seperti pameran
atau pagelaran kesenian.

·                     Jangkauan Pemasaran
Jangkauan pemasaran produk ini mencakup semua kalangan karena
harga yang sangat terjangkau untuk semua kalangan.

·                     Situasi Persaingan
Situasi persaingan untuk produk tempat pensil dari limbah kulit jagung
ini cukup ketat. Dikarenakan sudah banyak pesainng yang menjual
tempat pensil dari bahan baku yang bukan limbah yang lebih bervariasi
dan terjangkau.

·                     Tren Pasar
Dalam segi pemasaran,kami pun menyesuaikan aspek-aspek pemasaran
dengan tren yang sedang berkembang di pasaran saat itu. Terutama dari
promosi melalui jejaring internet yang menjadi tren masyarakat seka-
rang ini.








2.2 Strategi Pemasaran

·                     Produk
Produk yang dibuat adalah tempat pensil dari limbah kulit jagung dan botol minuman yang dibuat dengan berbagai kreasi.
·                     Price
Produk ini dibandrol dengan harga Rp10,000,- untuk satu tempat pensil.
·                     Promosi
Promosi yang dilakukan berupa pengenalan produk pada pelajar dan masyarakat sekitar melalui jejaring sosial dan pembuatan brosur.
·                     Place
Tempat pemasaran dilakukan di lingkungan sekitar rumah,sekolah dan event-event tertentu seperti bazar dan pameran.



2.3 Analisis SWOOT

·                     Strenght/Kekuatan
1. Produk yang dibuat kreatif dan belum banyak dipasaran.
2.Desain yang digunakan tidak bergantung pada satu desain saja.
3. Merupakan kebutuhan sekunder pelajar yang banyak digunakan karena fungsinya sebagai tempat/wadah untuk menaruh alat tulis.

·                     Weakness/Kelemahan
1.Kualitas bahan baku limbah yang tidak sama,sehingga perlunya pemilahan bahan baku untuk menentukan kuliatas yang baik.
2. Proses pengeleman yang terkadang kurang kuat sehingga harus dilakukan pengeleman ganda agar kulit jagung menempel dengan kuat.
3. Proses pewarnaan yang memelurkan waktu yang cukup lama.

·                     Opportunity/Peluang
1. Peluangnya sangat besar terutama untuk kalangan para pelajar yang mayoritas menggunakan produk ini.

·                     Threat/Ancaman
1. Persaingan yang ketat karena banyak toko buku yang menjual produk tempat pensil.
2. Kondisi alam yang tidak menentu yang menyebabkan proses pengeringan kulit jagung terhambat.


2.4 Analisis STP

·                     Segmenting
Produk tempat pensil dari limbah kulit jagung dan botol plastik ini memiliki segementinguntuk orang yang membutuhkan wadah/tempat untuk menaruh peralatan tulis seperti pulpen dan pensil.
·                     Targeting
Target konsumen produk ini adalah para pelajar,mahasiswa maupun masyarakat.
·                     Posisioning
Produk ini didesain memiliki kegunaan sebagai wadah alat tulis agar mendapat posisi dan tempat di hati pelanggan.


























BAB III
ASPEK PRODUKSI


3.1 Kebutuhan Produksi
Berikut ini adalah perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan dalam proses pemubuatan tempat pensil dari kulit jagung dan limbah minuman botol :

Alat/Bahan
Jumlah 
Harga
Total
Limbah kulit jagung
1 ons 
Rp2000
Rp2000
Limbah minuman botol
2 buah
Rp100
Rp200
Lem uhu
1 buah
Rp5000
Rp5000
Gunting (sewa)
1 buah
Rp1000
Rp1000
Resleting
1 buah
Rp4000
Rp4000
Pewarna pakaian
1 buah
P25000
Rp2500 
Total Rp14750



















BAB IV
ASPEK KEUANGAN

4.1 Modal
Alat/Bahan
Jumlah 
Harga
Total
Limbah kulit jagung
1 ons 
Rp2000
Rp2000
Limbah minuman botol
2 buah
Rp100
Rp200
Lem uhu
1 buah
Rp5000
Rp5000
Gunting (sewa)
1 buah
Rp1000
Rp1000
Resleting
1 buah
Rp4000
Rp4000
Pewarna pakaian
1 buah
P25000
Rp2500 
Total Rp14750






Tidak ada komentar:

Posting Komentar